Sabtu, 22 November 2008

Sekilas Nusa Tenggara Barat


Nusa Teggara Barat Terletak di antara; sebelah timur Pulau Bali dan sebelah barat Nusa Tenggara Timur.West nusa Tenggara terdiri dua pulau besar, seperti Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, dan juga di kelilingi pulau pulau kecil yang di sebut Gili. Terletak di antara 115 derajat - 119 derajat Bujur Timur, dengan luas 20,153 squer Kilometer, dan ber ibu kota Maratam ( di Pulau Lombok ). Dengan Jumlah penduduk sekitar 3,7 juta, sebagian besar di antaranya ialah sasak.
Bagian-bagian utama pulau terdiri atas pegunungan yang diliputi dengan hutan. Pantai utara dan selatan diliputi dengan padang rumput gersang yang cocok untuk pembiakan ternak dan kuda. Kondisi alami dipengaruhi oleh iklim angin musim.Dari Oktober sampai Maret merupakan Musih Hujan dan dari April sampai September, musim kering. Suhu rata-rata di antara 21-33 Celsius.Lombok dan Sumbawa dikenal sebagai gudang daerah padi.Di wilayah dekat hutan,orang lebih suka menampung produk hutan seperti timbar dan rotan.Sumber penghasilan lain adalah jus pohon palem untuk membuat gula aren.

Di samping itu, orang hidup dari bertani, memancing, berburu, dan mengangkat garam atau membuat berbagai alat dari daun atau rotan.Karena pengaruh tradisi tua masih kuat maka penduduk setempat masih melakukan upacara pribadi untuk memperingati tahap penting di siklus hidup manusia, seperti kelahiran, kedewasaan dan kematian.

Tidak ada komentar: